Osmila Primajaya (Opj) foundation adalah Lembaga Kemasyarakatan non profit yang mengkhususkan diri pada penanganan, palatihan, ketrampilan, & Peningkatan Keahlian Masyarakat berbasis pendidikan kerakyatan Secara Terpadu ( Integrated Disaster Management )

COLLAGRAPH

Tuesday 27 March 2012

COLLAGRAPH
Sebuah cetak collagraph dibuat dengan mencetak pelat yang memiliki matriks bertinta dari collaged, bahan relatif datar, yang memungkinkan replikasi dari berbagai garis, tekstur dan gambar. Hal ini dicapai dengan membangun lapisan rendah pola bantuan melalui gabungan media pemodelan, ditemukan, benda datar dan emulsi photopolymer terbuka. Setelah disegel dan kering, permukaan pelat dapat menandatangani dan gambar ditransfer ke kertas.
Metode dasar yang digunakan untuk membuat pelat cetak collagraph dapat digambarkan sebagai aditif dan proses subtraktif. Metode aditif primer, dimana proses ini menerima senama, melibatkan pembuatan kolase dengan menempelkan tipis, benda yang ditemukan dari berbagai bentuk, ukuran, dan tekstur ke pelat dasar. Garis dan tekstur dapat dibuat dengan mengecat permukaan pelat dengan bahan pemodelan seperti gel akrilik, lem putih, pasta model, gesso, atau mengikuti sebuah grit dengan bahan-bahan. Proses collagraph subtraktif melibatkan mengikuti kain halus seperti sutra ke piring kemudian mengurangkan daerah yang akan mengadakan tinta dengan lukisan yang "ringan" daerah dengan media akrilik.
Bahan & Peralatan
Bahan dasar untuk collagraph adalah pemodelan dan perekat media, ditemukan 2-d tekstur dan garis, sepiring kardus padat, matboard, hardboard tipis (seperti Masonite), atau kayu lapis untuk dukungan tambahan. Bahan lain seperti plastik atau logam lembaran dapat digunakan sebagai piring. Apapun yang digunakan, pastikan bahwa bahan plat dipilih akan memungkinkan bahan untuk mematuhi permukaannya.
Alat dasar termasuk yang digunakan untuk memotong dan ukiran bahan, mencetak baris, dan memotong garis besar bentuk. Sikat sintetis dan pisau palet diperlukan untuk menyebarkan dan / atau membangun garis dan tekstur dari media yang dipilih pada pelat collagraph. Amplas ini juga berguna dalam mengurangi dan mengubah permukaan pelat kering.
Prosedur
  1. Buat piring dari sepotong karton tipis padat atau bahan yang akan menerima air berbasis lem (matboard, karton abu-abu padat, kotak sereal, dll). Ukurannya harus relatif terhadap ukuran kertas yang akan dicetak memiliki margin yang sama.
  2. Kumpulkan sejumlah permukaan bertekstur tipis, misalnya, kain kedap halus, jaring, kertas timah, kering-rata tanaman hidup, wallpaper timbul, pasir, silikon karbida grit.
  3. Gambarlah desain ke pelat kardus.
  4. Menggunakan lem PVA (Elmers) atau media akrilik, mematuhi tekstur dengan bentuk dari desain di atas piring. Medium atau lem juga dapat digunakan untuk mematuhi grit karbida.
  5. Daerah tekstur dapat ditambahkan ke piring dengan menerapkan dan memanipulasi pemodelan pasta atau pengisi kayu di atas piring. Ketika pasta adalah setengah-kering, dapat mencetak dengan detail linier halus atau tekstur dapat ditekan ke permukaan lentur nya.
  6. Biarkan bagian dipatuhi dan paste mengering selama 24 jam.
  7. Lambang bagian depan piring dan kembali dengan media akrilik dicairkan dengan air. Jika versi lebih tebal digunakan sapuan kuas akan dicetak. Sebuah sealant semprot dapat digunakan untuk menghilangkan goresan kuas.
  8. Biarkan mengering selama 24 jam atau semalam.
Untuk Cetak Intaglio
  1. Siapkan kertas dan rendam dalam air.
  2. Siapkan etsa pers untuk pencetakan, tarik tidur semua jalan keluar, mengatur selimut tepat, dan terlibat tempat tidur.
  3. Mengurangi tinta intaglio dengan minyak biji rami jadi konsistensi menyerupai madu hangat.
  4. Menggunakan pengoles tinta matboard untuk setiap warna menyebar tinta di atas piring. Sebuah kuas cat tua yang kasar atau sikat gigi dapat digunakan untuk mendorong tinta ke dalam alur dan tekstur.
  5. Dengan tarlatan atau lap dibentuk menjadi pad ketat skim atau menghapus tinta permukaan pergi.
  6. Tempat piring di tengah tempat tidur.
  7. Bersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan.
  8. Keluarkan kertas dari baki air dan gulungan handuk atau kertas antara blotting.
  9. Daftar kertas ke piring, tutup dengan dua (2) lembar kertas koran, dan kemudian mencetak piring.
  10. Setelah dicetak menghapus cetak, pindah piring ke meja tinta untuk re-tinta atau daerah pembersihan, kemudian tidur pers bersih dengan mencuci basah atau alkohol.
  11. Biarkan mencetak ke udara kering dengan menempatkan pada tinta, meliputi w / kertas koran dan tinta lain kemudian menempatkannya di bawah papan di rak pengeringan.
  12. Bersihkan area kerja dan bukti dari kelebihan tinta sebelum membersihkan off tinta di atas piring untuk penyimpanan. Jangan biarkan piring untuk menyerap roh mineral.
Untuk Cetak Bantuan
  1. Siapkan kertas.
  2. Siapkan etsa pers untuk pencetakan, tarik tidur semua jalan keluar, mengatur selimut tepat, dan terlibat tempat tidur.
  3. Mengurangi tinta intaglio jika perlu dengan minyak biji rami.
  4. Gulung piring dengan brayers lunak dan keras dan rol dengan tinta intaglio.
  5. Tempat piring di tengah tempat tidur.
  6. Tempat piring di tengah tempat tidur.
  7. Bersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan.
  8. Daftar kertas ke piring, tutup dengan dua (2) lembar kertas koran, dan kemudian mencetak piring.
  9. Setelah dicetak menghapus cetak, pindah piring ke meja tinta untuk re-tinta atau daerah pembersihan, kemudian tidur pers bersih dengan mencuci basah atau alkohol.
  10. Biarkan mencetak ke udara kering dengan menempatkan pada tinta, meliputi w / kertas koran dan tinta lain kemudian menempatkannya di bawah papan di rak pengeringan.
  11. Bersihkan area kerja dan bukti dari kelebihan tinta sebelum membersihkan off tinta di atas piring untuk penyimpanan. Jangan biarkan piring untuk menyerap roh mineral.
* Untuk mencetak dengan tangan, kertas tempat ke piring dan mengkilapkan dari bagian belakang dengan sendok, tandus kayu, atau alat mengkilapkan lain dalam mencetak Linocut a.
TIPS
  • Semua bahan collaged harus tipis, datar dan kering, dengan tidak ada perubahan mendadak dalam kedalaman tekstur atau garis - piring harus tetap relatif datar dengan lega dangkal.
  • Piring harus dikeringkan sebelum menyegel kemudian disegel depan dan belakang - non-penyerap.
Ketika Anda membuat piring collagraph Anda akan harus dibangun sehingga sangat tipis, bahkan ketika bahan terpaku ke atasnya. Jenis benar-benar tipis bahan yang, misalnya, diayak pasir, daun, kain dan kain, benang, kertas robek dan kertas timah. Hal ini sangat penting untuk membatasi ketebalan tekstur pada pelat collagraph, terutama jika Anda berniat untuk mencetak mereka sebagai cetakan lega. Benih, kacang dan tongkat, misalnya, akan menyebabkan masalah pencetakan, sebagai pers harus mengakomodasi ketebalan ini namun tetap memaksa kertas ke dalam alur tekstur untuk menghubungkan tinta.
Sebuah piring dapat dibangun seluruhnya dari pasta collagraph. Bahkan tekstur jari menerjemahkan ke dalam efek impasto menarik.
Jika kelas Anda bekerja dengan kendala waktu (dan jika Anda ingin menghilangkan satu langkah berantakan dari proses) Anda dapat menghemat waktu pengeringan pada pelat dengan menutup dengan kertas timah tipis bukan pelitur. Cukup menyebar kontak perekat dalam lapisan tipis di atas piring serta di sisi matt foil. Biarkan kering untuk sementara waktu. Tempatkan foil di atas piring dengan sisi lem bergabung dan membungkus foil di atas tepi piring. Kemudian jalankan ini melalui pers etsa sehingga foil cetakan sendiri sekitar tekstur piring. Proses ini dianjurkan untuk pelat sangat bertekstur khususnya.
Anda dapat menggunakan pasir diayak halus sangat efektif untuk mensimulasikan efek intaglio aquatint. Sebarkan lem kayu mana pun Anda inginkan bayangan pada gambar. Kemudian taburi pasir memasuki area ini. Ketika lem kering, kocok jauh pasir berlebih. Disarankan agar Anda menggunakan metode penyegelan pernis pada lempengan-lempengan ini, bukan foil timah metode yang dijelaskan di atas.
Ketika mencetak collagraph sebagai sebuah cetak intaglio pastikan bahwa tinta cukup lunak. Ini harus jauh runnier daripada intaglio dan pencetakan Linocut.
Untuk mencetak dan tebal melalui pers Anda mungkin harus menjalankannya melalui beberapa kali.
Setelah berjalan beberapa piring collagraph secara permanen datar,. Sehingga Anda harus memperketat tekanan pers di tahap ini.
KEMUNGKINAN MASALAH
1. Hindari penggunaan zat-zat yang secara intrinsik penyerap. Ini akan mengadakan tinta yang kemudian akan berdarah di bawah tekanan.
2. Menyeka samaran atau tarlatan, seperti yang digunakan dalam etsa, tidak benar-benar cocok untuk menyeka collagraphs, sebagai permukaan sangat bertekstur piring dapat membuktikan terlalu kasar untuk bahan menyeka lembut. Kain kapas penyerap lebih sesuai.
3. Pastikan bahwa semua benda dan permukaan di atas piring secara menyeluruh ditaati dan disegel dengan lapisan PVA baik diencerkan
4. Berikan mantel penyegelan pernis semprot atau pernis, jika kertas dapat menempel pada piring.
5. Campur semangat putih dengan tinta untuk mengencerkan itu. Tekstur berat piring dapat berarti kesulitan dalam menyeka efisien, dan tinta yang paling cocok adalah dari konsistensi cukup meler. Tinta harus menyikat ke piring dan ke intaglio dengan mudah.
Bantuan Cast Cetakan embos segitiga dan Negatif
Piring Collagraph juga dapat digunakan untuk menghasilkan cetakan timbul di atas kertas kering dari piring un-bertinta, dan cetakan plester (piring bertinta) atau plester embossments negatif dari piring un-bertinta.
\
  1. Tinta piring collagraph Anda dengan tinta berair (atau meninggalkan piring uninked).
  2. Tape potongan kardus di sekitar tepi piring sehingga terlihat seperti nampan atau kotak dangkal.
  3. Campur plester dari Paris dan tuangkan ke dalam baki (menguatkannya dengan menambahkan sepotong kawat ayam atau pemecatan ketika setengah jumlah tersebut dituangkan). Kemudian tuangkan dalam sisanya.
  4. Tinggalkan untuk mengatur selama dua puluh empat jam.
  5. Hati-hati menarik plester dari piring.
  6. Permukaan gambar dan lega akan telah dipindahkan ke plester.
Seni Grafis
Prosedur
Setelah semua alat dan bahan dikumpulkan, pekerjaan dapat dimulai pada apapun gaya yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menciptakan bentuk-bentuk abstrak dan tekstur, Anda dapat mencoba stamping spons ke gesso dan kemudian menerapkan tekstur berbagai relief pada permukaan piring. Bukan karena suatu pekerjaan bermotif lebih, coba gunakan kertas atau kaitan serbet dicelupkan di media dan kemudian mentransfer gambar ke piring. Jenis objek Anda dapat menemukan, mengubah, dan penggunaan yang tak terbatas dan hanya dibatasi oleh imajinasi.
Dengan menggunakan benda yang ditemukan dengan cara ini, gambar dapat ditransfer ke piring atau benda itu sendiri dapat menempel ke piring dan dibiarkan kering. Jenis objek juga
berlimpah dan meliputi kain, daun dan bunga ditekan, kertas robek, dan sejenisnya. Kriteria hanya untuk mengikuti objek untuk piring adalah bahwa hal itu harus sangat tipis biasanya kurang dari 1/8th dari tebal inci.
Setiap tingkatan bahan diterapkan juga harus dijaga dalam batas ini sama tingginya atau stres yang tidak semestinya dapat ditempatkan pada kertas cetak. Jika perlu, Anda dapat membuat embossments lebih dalam dengan bertahap membangun lapisan, mirip sebuah tangga. Setelah objek atau tayangan bantuan lainnya mengering dan menjadi bagian dari permukaan piring, mereka bisa dilapisi dengan lapisan gesso akrilik atau media untuk menutup dan melindungi permukaan.
Yang tersisa adalah gambar rendah-bantuan yang dapat menandatangani dan dipindahkan ke kertas. Perlu diingat bahwa semua gambar piring akan mencetak gambar (atau cermin) terbalik, jadi ini harus diperhitungkan dalam tahap desain. Bonus lainnya adalah bahwa piring mungkin multiply dicetak dalam berbagai warna dan orientasi untuk menciptakan serangkaian karya setelah itu telah dibersihkan dan tinta baru (atau cat) diterapkan.
Untuk karya yang lebih terstruktur, seperti interior atau landscape, bahan cetak atau media dapat secara hati-hati diterapkan ke piring untuk mewakili bentuk tertentu dan komposisi. Untuk membuat
ilusi kedalaman, lapisan tebal dapat dibangun dan rincian yang tepat dapat diterapkan baik oleh media lukisan di daerah yang dibutuhkan atau dengan ukiran jauh daerah dataran rendah.
Variasi termasuk ukiran ke pelat logam dengan peralatan listrik atau menggunakan cair (atau kimia cepat pengeringan) solder untuk membangun tekstur bantuan atau rincian. Lain adalah mengikuti aluminium foil kusut ke permukaan piring untuk menciptakan tekstur. Jika Anda mencoba ini, pastikan untuk mengisi bagian belakang foil sehingga tidak akan runtuh di bawah tekanan dari pers.
Sering membutuhkan uji bukti beberapa untuk mendapatkan efek yang diinginkan dari pelat cetak, jadi siapkan untuk eksperimen. Untuk karya lega, piring dapat menandatangani dan gambar ditransfer ke
kertas dengan menggunakan roller. Untuk pelat dengan garis gores dan tekstur tersembunyi, mencoba menerapkan tinta, menyeka permukaan, dan kemudian mentransfer pigmen yang tersisa hanya seperti intaglio
mencetak. Anda dapat menghapus seragam pigmen di piring atau cat daerah tertentu sebagai gambar membutuhkan. Seperti disebutkan, bersiaplah untuk bereksperimen dengan teknik yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading