Osmila Primajaya (Opj) foundation adalah Lembaga Kemasyarakatan non profit yang mengkhususkan diri pada penanganan, palatihan, ketrampilan, & Peningkatan Keahlian Masyarakat berbasis pendidikan kerakyatan Secara Terpadu ( Integrated Disaster Management )

Proses Membuat Tinta flexographic

Tuesday, 27 March 2012

Posted By Matt Wooddy
Diterjemahkan Oleh Oding Sholekhuddin

Cetak Flexo adalah nama umum untuk proses cetak flexographic. Cetak Flexo adalah proses yang sama dengan cetak rotary, menggunakan prinsip-prinsip dasar yang sama. Secara umum, percetakan Flexo mempekerjakan piring flexographic (terbuat dari plastik atau karet) dengan gambar atau teks mengangkat yang terpasang pada roller. Sebuah roller kedua diterapkan jumlah tertentu tinta ke piring. Akhirnya, roller ketiga menjaga substrat (bahan untuk cetak pada) ditekan tegas terhadap pelat flexographic ketika lewat di antara mereka.

Sejarah

  • Cetak Flexo awalnya dikembangkan pada paruh kedua tahun 1800 di Inggris dan, pada awal abad 20, sebagian besar mesin cetak Flexo adalah Jerman dibuat. Di AS, proses Flexo awalnya dikenal sebagai cetak anilin.

Flexo Inks

  • Ada tiga jenis utama dari tinta yang digunakan dalam pencetakan Flexo: Tinta berbasis air, berbasis pelarut dan UV-curing.

Flexo Pelat

  • Piring Flexo dapat dibuat dengan menggunakan cetakan, etsa laser (platemaking digital) atau polimer fotoreaktif.

Menggunakan

  • Cetak Flexo digunakan untuk beberapa tujuan termasuk pembuatan label, mencetak pada wadah sekali pakai, cetakan wallpaper dan bahkan untuk mencetak koran.

Potensi

  • Dalam beberapa tahun terakhir, warna cetak Flexo telah terus meningkatkan kualitas dan harga. Jika tren ini berlanjut, pada akhirnya dapat menggantikan proses pencetakan lebih mahal.

Cara membuat Tinta flexographic

Flexography telah menjadi standar dalam mencetak pada berbagai jenis material, sedangkan proses itu sendiri menggunakan salah satu dari tiga jenis tinta dan sepiring fleksibel. Mirip dengan percetakan letterpress dalam fungsi, cetak flexographic memungkinkan font dan label untuk langsung diterapkan ke sejumlah permukaan. Makanan dan barang lainnya dengan tipis, kemasan ringan menggunakan tinta flexographic untuk aplikasi mudah dan cepat. Jika Anda ingin membuat tinta sendiri flexographic Anda, ada tiga tipe dasar yang dapat dipilih. Tinta berbasis air, berbasis pelarut dan pelarut bebas merupakan pilihan untuk tinta flexographic.

Bahan-bahan :

  • Mengukur peralatan
  • Warna pigmen bubuk
  • Varnish resin
  • Air
  • Berbasis air defoamer
  • Pengadukan sendok
  • Kompor panci
  • Kompor

Instruksi



    • Hidupkan kompor Anda dan mengatur suhu di suatu tempat di 350 - untuk 400-derajat jangkauan. Membuat tinta flexographic, seperti jenis lain, membutuhkan masing-masing bahan yang akan dipanaskan sambil dicampur untuk mencapai tekstur yang sesuai.
    • Isi panci kompor dengan 4 sendok makan bubuk pigmen dipilih dan 1 cangkir air untuk memulai. Tambahkan ke kompor sekali siap, seperti ditunjukkan oleh atas kompor menyala. Campur kedua bahan secara menyeluruh selama sekitar 1 menit.
    • Tambahkan 1 sendok makan resin pernis dan 2 sendok makan dari defoamer berbasis air ke panci dan aduk sesuai. Pernis ini membantu menciptakan tekstur dan mengikat karakteristik glossy dengan tinta, sementara defoamer membantu mengurangi keberadaan busa dalam tinta.
    • Hapus panci kompor dari kompor dan biarkan solusi tinta keren setelah Anda dicampur dan dipanaskan bahan ini. Menguji tinta di piring fleksibel untuk memastikan tinta adalah munculnya tepat untuk proyek dimaksud. Tambahkan resin varnish lebih banyak jika Anda ingin membuat tinta mengkilap dari apa yang telah Anda buat, lalu rebus dan aduk sekali lagi. Demikian juga, tambahkan defoamer lebih untuk bahan Anda jika tinta kurang konsisten dalam tekstur dari yang diinginkan.

Keuntungan Percetakan Flexo

 Cetak flexographic adalah kombinasi dari teknologi letterpress dan rotogravure mana pelat bantuan fleksibel dipasang pada tinta cetak silinder tekan ke sebuah substrat terus menerus. Pengaturan pencetakan dasar Flexo terdiri dari gulungan air mancur, sel-terstruktur tinta-metering atau roll anilox, silinder pelat, silinder dan kesan. Di antara proses pencetakan yang paling banyak digunakan - termasuk layar, gravure dan pencetakan litograf - cetak Flexo memiliki pertumbuhan yang paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir, pada tanggal publikasi.

Multifungsi

  • Cetak Flexo bekerja dengan baik dengan berbagai substrat dan cepat pengeringan tinta, sehingga ideal untuk pengemasan dan pencetakan publikasi. Hal ini banyak digunakan dalam produksi surat kabar, katalog, tas belanja, diri perekat label, gelas sekali pakai, karton susu, pembungkus kado dan wallpaper. Substrat umum meliputi kedua bahan berpori dan tidak keropos, seperti kertas, film dan foil logam, plastik, asetat dan kardus. Selain konvensional berbasis pelarut tinta cetak, cetak Flexo juga dapat menggunakan berbasis air, UV dapat disembuhkan, tinta fluorescent dan metalik.

Kecepatan Produksi

  • Salah satu keunggulan yang signifikan bahwa pencetakan Flexo memiliki lebih dari teknologi cetak lainnya adalah produksi kecepatan, yang dihasilkan dari sejumlah faktor. Pertama, tekan setup atau make-siap waktu jauh lebih singkat dalam pencetakan Flexo daripada di gravure atau pencetakan litograf. Kedua, menekan Flexo umumnya menggunakan viskositas rendah, cepat-pengeringan tinta. Ketiga, dalam banyak kasus ketika pers Flexo menggunakan tinta berbasis air, proses pembersihan memakan waktu jauh lebih sedikit. Akhirnya, laminating, stasiun menyelesaikan mati-pemotongan dan lainnya mudah diintegrasikan lebih bawah jalur pers, membuat produksi yang berkesinambungan.

Biaya lebih rendah

  • Produksi kecepatan tinggi dan volume tinggi dalam pencetakan Flexo membuatnya jauh lebih murah daripada cetak gravure dan litograf. Lebih cepat make-readies dan pembersihan meningkatkan margin keuntungan dengan memproduksi lebih banyak output sellable dan mengurangi biaya operasi. Klien juga manfaat dari ini, karena biaya operasi yang lebih rendah berarti produk lebih murah kualitas tanpa kompromi. Bagian dan biaya pemeliharaan yang cukup rendah, sebagai plat photopolymer fleksibel bantuan dapat menahan penyalahgunaan banyak dan dapat berubah jutaan tayangan sebelum perlu penggantian. Printer juga menghemat tenaga kerja, sebagai pekerjaan tidak benar-benar dibutuhkan antara make-siap dan mengambil produk jadi dari menekan.

Mengurangi Dampak Lingkungan

  • Industri percetakan memiliki reputasi buruk lingkungan karena penggunaan berat bahan kimia, seperti solusi platemaking, air dan berbasis pelarut tinta, dan larutan pembersih. Dibandingkan dengan proses cetak lainnya, bagaimanapun, percetakan Flexo memungkinkan untuk penggunaan pelarut bebas tinta pada kisaran seluas mungkin dari substrat, menghasilkan penurunan volatile organik (VOC) emisi kimia. Menekan Kebanyakan juga dilengkapi dengan mekanisme untuk daur ulang tinta dan menghabiskan air cuci, lebih lanjut mengurangi jumlah bahan kimia berbahaya dilepaskan ke lingkungan.
Cetak flexographic adalah proses cetak yang melibatkan tinta flexographic yang mematuhi berbagai macam substrat. Menekan flexographic Khas fitur rol untuk memberikan tinta dan membantu lulus substrat melalui pers. Struktur pers memungkinkan substrat untuk diberi makan ke dalam mesin tetap menjaga ketegangan cukup untuk mencegah kerut substrat. Beberapa jenis mesin cetak Flexo menawarkan cukup beberapa keuntungan, tergantung pada apa peran Anda dalam proses cetak flexographic kebetulan.

Jenis Presses

  • Tiga jenis menekan menawarkan keuntungan untuk mencetak konsumen produk dan orang yang menjalankan pekerjaan pencetakan flexograhic. Menekan flexographic Stack sangat mudah diakses dan dapat mencetak berbagai macam substrat. Menekan kesan Tengah dikenal karena kemampuan mereka untuk mempertahankan pendaftaran cetak. Dan in-line menekan flexographic akurat dapat menangani pencetakan pada bahan seperti karton bergelombang.

Beberapa Substrat

  • Selain kemampuannya pers Flexo untuk mencetak pada karton bergelombang, jenis pers dapat mencetak pada substrat lainnya beberapa juga, seperti kertas buku saku, kertas kraft dan kertas pembungkus kado. Cetak flexographic juga memungkinkan pencetakan pada kertas bekas untuk kemasan dan karton lipat. Menggunakan proses pencetakan untuk mencetak pada plastik, kertas glassine, film poliester, substrat sensitif tekanan atau kertas perekat adalah pilihan juga.

Wide Web

  • Mengingat banyak bahan proses pencetakan dapat menangani, mempertimbangkan keuntungan yang dihasilkan dari ukuran pers. Wide web mesin cetak flexographic menawarkan pasar spesifik keuntungan untuk mereka yang ingin mencetak pada potongan besar dari substrat. Menekan wide web mendukung makanan, susu, minuman, medis, kosmetik dan industri pakaian jadi. Memproduksi, toko roti dan makanan beku kotak, wadah minuman, tas plastik dan tas industri pertanian berukuran semua dapat dicetak di penerbitan wide web flexographic.

Narrow Web

  • Narrow Web berukuran mesin cetak flexographic juga berguna untuk banyak industri tersebut, tetapi mungkin lebih untuk orang yang mencari komputer, perangkat keras atau pencetakan paket otomotif dan rendah kuantitas pekerjaan cetak. Ini pekerjaan pers pegangan ukuran untuk ukuran tekan kurang dari 2 kaki lebar, membuat mereka ideal untuk makanan cepat saji dan percetakan pembungkus permen serta keperluan lain yang menampilkan nama perusahaan dan logo.

Kualitas Tips untuk cetak flexographic

 Cetak flexographic menggunakan karet fleksibel atau pelat cetak plastik. Mengangkat atau piring bantuan mencetak gambar. Flexography dapat digunakan untuk mencetak bahan yang tidak konvensional, seperti bungkus plastik. Cetak flexographic juga dikenal sebagai rendah-bantuan letterpress. Tidak seperti hot-jenisnya leluhur, tinggi lega, ada ruang jauh lebih sedikit untuk kesalahan di rendah-bantuan flexography. Printer ikuti tips untuk meminimalkan kesalahan dan memaksimalkan kualitas cetak flexographic.
   
Dalam pers kecepatan tinggi, kertas melewati di blur - tetapi Anda tidak ingin cetak kabur.


Mengoreksi Distorsi

  • Pelat cetak fleksibel peregangan ketika mereka terpasang pada silinder tekan. Pelat membentang berarti pencetakan gambar terdistorsi. Printer mengoreksi distorsi piring selama platemaking. Menggunakan formula yang berdasarkan pada ukuran piring dan lengkungan silinder pers, printer memperpendek panjang, tetapi tidak lebar, gambar. Lensa khusus yang digunakan untuk membuat negatif yang membuat piring. Dengan begitu, ketika piring ditarik pada pers, "mendistorsi" - hanya dimensi yang tepat.

Pelangi Kanan

  • Banyak desainer grafis melakukan pekerjaan mereka pada monitor komputer yang menggunakan sistem RGB - merah, hijau dan biru - untuk mengecat warna desainer inginkan. Namun, menekan mencetak bekerja di CMYK. yang berdiri untuk cyan, biru kehijauan, magenta, sebuah, merah tua keunguan;, kuning dan hitam. Itu palet yang jauh berbeda. Desainer harus menggunakan perangkat lunak, seperti konverter JavaScript, untuk mengubah RGB ke CMYK, atau printer harus melakukan penyesuaian selama platemaking. Jika tidak, printer dan pelanggan tidak akan tahu bagaimana warna akan berubah setelah menekan roll.

Ink Kanan

  • Flexography banyak digunakan untuk mencetak penutup paket, seperti film plastik yang digunakan untuk membungkus keju. Percetakan, seperti pemasaran, telah menjadi lebih rumit, yang berarti gambar lebih halus dan lebih halus, yang perlu tinta kuat. Tinta kuat membutuhkan waktu lebih lama untuk kering. Flexographic tinta biasanya berbasis air. Makanan-wrap pelanggan tidak menyukai minyak berbasis tinta. Plastik tidak akan menyerap air sama mudahnya seperti kertas, rumit masalah pengeringan. Jawabannya, kata Richard M. Podhajny, seorang peneliti yang telah mempelajari pengeringan tinta di laboratorium, adalah panas. Menekan flexography memiliki oven atau udara panas blower untuk mengeringkan tinta sebagai produk bergegas pergi pers.

Menghubungkan Dots

  • Melihat secara dekat warna pada kemasan flexographic. Mereka terdiri dari titik-titik kecil, yang berbaur bersama untuk membentuk gambar dan warna yang berbeda. Layar yang digunakan untuk membuat pola titik. Semakin besar jumlah titik per inci persegi, semakin baik kualitas gambar. Menekan empat warna flexographic perlu empat piring terpisah, satu untuk setiap warna. Jalankan kertas atau plastik melalui pers masa lalu keempat piring untuk menciptakan citra total. Itu berarti pelat harus berbaris dengan benar, untuk dalam toleransi dari fraksi kecil inci. Kualitas pendaftaran piring - lapisan-up - menentukan bagaimana warna juga cocok pada produk.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Percetakan Flexo

 Flexographic, atau Flexo, percetakan adalah keturunan relatif modern cetak letterpress digunakan terutama untuk bahan kemasan. Proses ini mencetak dengan mudah pada berbagai substrat, termasuk tas plastik, kardus, pita perekat, plastik, film logam dan kertas. Cetak flexographic tidak tepat untuk semua penggunaan, namun. Anda harus mengambil pertimbangan dasar yang mempertimbangkan sebelum memilih Flexo untuk pekerjaan cetak Anda.
Cetak Flexo menghasilkan gambar yang dapat diandalkan, bahkan pada fleksibel, substrat nonabsorbent.

Kekuatan

  • Cetak Flexo menghasilkan hasil diprediksi pada berbagai substrat yang lebih luas dari hampir semua proses cetak lainnya, yang membuatnya pilihan yang sangat baik untuk bahan kemasan. Menggunakan cepat pengeringan tinta dengan viskositas rendah, mengurangi berjalan dan pap, bahkan pada bahan nonabsorbent. Proses pencetakan menggunakan pelat cetak fleksibel, yang memungkinkan pencetakan pada jangkauan yang lebih luas dari bentuk cetak litostratigrafi tradisional.

Kelemahan

  • Cetak flexographic menderita dot gain, masalah di mana titik-titik halftone perlahan tumbuh dalam ukuran. Hal ini membuat bayangan, gradien dan campuran terlihat lebih gelap daripada yang dimaksudkan. Karakteristik tinta yang sama menyebabkan flexography untuk mencetak garis dengan tipe kecil buruk. Proses pencetakan tidak melakukannya dengan baik dengan elegan, halus grafis dan teks. Hal ini juga memerlukan beberapa pertimbangan desain khusus, seperti garis besar di sekitar salinan reverse dan piring terpisah untuk daerah disaring, yang dapat membatasi pilihan Anda.

Disain

  • Menyiapkan file untuk cetak Flexo memerlukan teknik yang berbeda dari pengaturan litograf atau Sablon seni. Lebih baik untuk menggunakan desain yang berani dengan daerah halftone sedikit. Ketika Anda perlu halftones, menjaga mereka relatif kasar dan menghindari transisi lunak, yang mungkin tidak dicetak dengan baik. Sejak pencetakan Flexo tidak dapat menghasilkan pendaftaran ketat cetak litostratigrafi, tambahkan garis besar di sekitar grafis dicetak di atas latar belakang warna-warni dan di sekitar dibalik teks. Gunakan perangkap berat untuk menghindari kesenjangan antara daerah cetak. Ingat bahwa setiap halftone membutuhkan piring sendiri, yang dapat mengurangi jumlah stasiun tinta yang tersedia. Perlakukan halftones sebagai warna lain, dalam hal penggunaan piring.

Biaya

  • Cetak flexographic menawarkan kecepatan cetak yang lebih baik daripada pilihan litograf, memungkinkan untuk berjalan murah, tapi prepress biaya cenderung lebih tinggi. Cetak flexographic membuat pencetakan khusus lebih murah dan lebih mudah, namun. Tidak memerlukan proses khusus untuk menghasilkan cetak UV, tinta metalik, foil, timbul atau pencetakan kombinasi.

Flexo Printing Teknik

Flexography, atau Flexo, percetakan adalah jenis pencetakan yang menggabungkan piring bantuan fleksibel. Pelat cetak letterpress adalah modern dan dapat digunakan untuk mencetak ke kertas tidak saja, tetapi film plastik, plastik dan logam. Pelat cetak biasanya terbuat dari karet atau photopolymer. Ini sangat populer untuk mencetak ke label kemasan makanan. Ada berbagai tips dan trik untuk membuat proses lebih mudah.

Mendeteksi Bubbles Plat

  • Sementara menggunakan pelat cetak, gelembung sering dapat terbentuk di bawah permukaan dan merusak cetak. Untuk menemukan gelembung, memeriksa jejak yang tertinggal di piring di antara gulungan splicing. Jika anda melihat ada bintik-bintik cahaya, ada kemungkinan gelembung di atas piring. Cara lain untuk mengidentifikasi gelembung adalah mendengarkan erat selama proses pencetakan. Jika ada peningkatan mendadak dalam kebisingan, kemungkinan ada gelembung di atas piring.

Menghapus Pelat Karet dan Photopolymer

  • Sering kali pelat cetak akan menempel pada pita pemasangan selama proses pencetakan. Untuk menghindari piring karet terjebak, aduk rata 3 bagian kayu lak ke 1 bagian alkohol propil dalam gelas. Sikat campuran pada bagian belakang piring sebelum menempatkan pita pemasangan di atasnya. Untuk pelat photopolymer, aduk rata extender sama bagian dan alkohol propil. Sikat campuran ini ke piring sebelum menempatkan pita di atasnya.

Unwinding Rolls

  • Jika Anda mencetak dalam skala besar, sesekali mungkin bersantai gulungan ke titik yang permukaan mendekati tanah. Listrik statis dapat menyebabkan gulungan untuk mengambil partikel dari tanah dan mentransfernya ke pelat cetak. Jika Anda menemukan hal ini terjadi, bersantai gulungan dari bagian bawah mesin cetak, bukan atas, gulungan akan datang ke dalam kontak dengan drum sebagai pengganti piring. Ini akan memungkinkan piring Anda tetap bersih untuk jangka waktu yang lebih lama.

Cair Photopolymer vs Lembar Photopolymer

  • Jika Anda bekerja pada sebuah proyek yang akan membutuhkan berbagai tingkat ketebalan pelat atau tingkat ketebalan yang tidak biasa, pertimbangkan untuk menggunakan photopolymer cair bukan lembar photopolymer. Kedua zat datang dalam kontrak langsung dengan negatif selama proses pencetakan. Namun, lembaran pracetak yang diproduksi pada tingkat yang telah ditentukan ketebalan. Di sisi lain, photopolymer cair dapat diubah untuk menciptakan tingkat kustom ketebalan.

Tekan Flexo ?

Sebuah letterpress yang menggunakan metode relief percetakan, pers flexographic, dapat mencetak wallpaper, bahan kemasan, label dan amplop. Ini disebut "Flexo" di industri. Karena menggunakan piring bantuan fleksibel dalam proses pencetakan, printer dapat mencetak pada permukaan ganda, seperti plastik, plastik, film logam, kertas dan kardus bahkan bergelombang. Paket produk, misalnya, dicetak menggunakan pers Flexo sebelum perakitan. 
 
Proses flexographic mirip dengan proses litographic.

Sejarah

  • Mesin cetak flexographic pertama menerima paten pada tahun 1890 di Inggris, itu dijuluki "Folly Bibby itu" setelah salah satu penemu dari Bibby, Baron and Sons, karena tinta berbasis air ia menggunakan diolesi dengan mudah dan menghasilkan salinan miskin. Cetak flexographic pertama kali disebut cetak anilin untuk minyak digunakan sebagai bahan dalam tinta. Kemajuan dalam proses kimia tinta membuat proses flexogrpahic pilihan yang sangat baik untuk mencetak pada permukaan halus, seperti plastik yang digunakan dalam label yang jelas dan kemasan.

Flexography

  • Sebagai bentuk pencetakan lega, flexography menggunakan master plate cetak mirip dengan yang digunakan dalam cetak offset. Pelat Flexo adalah bantuan 3-D, bukan piring datar, melainkan terbuat dari karet. Pelat bantuan langsung mentransfer gambar ke bahan yang dibuat, bukan ke roller karet seperti dalam cetak offset. Serangkaian rol mendistribusikan tinta ke plat bantuan. Materi yang dicetak tenun melalui serangkaian empat silinder untuk setiap warna, gulungan air mancur, anilox roll, pelat bantuan dan gulungan kesan, yang mendorong media cetak terhadap pelat bantuan.

Tinta dan Warna

  • Seperti offset, setiap warna dalam potongan dicetak jadi membutuhkan piring sendiri pada mesin cetak Flexo. Warna diterapkan satu per satu. Warna individu kadang-kadang dikombinasikan untuk membuat warna lain. Menekan flexographic dapat menggunakan hingga enam warna, termasuk hitam. Tinta yang digunakan pada pers Flexo memiliki viskositas rendah, mereka menyebar dengan mudah dan telah cepat kering karakteristik. Kebanyakan tinta berbasis air dan kering ketika menguap, atau mereka dapat disembuhkan tinta ultraviolet, yang menyembuhkan dengan cahaya. Tinta khusus memantapkan pada permukaan cetak saat pelarut dihilangkan dengan panas kecuali tinta ultraviolet dapat disembuhkan digunakan sebagai gantinya.

Percetakan Medium

  • Karena proses flexographic menggunakan piring bantuan fleksibel, media cetak beberapa dapat digunakan dengan proses ini. Media cetak lainnya termasuk tas plastik, tas kertas, susu dan wadah minuman, pita perekat, dan makanan dan permen pembungkus. Setelah paket pencetakan dan kontainer, ini kemudian pergi ke daerah terpisah untuk perakitan atau mengikat. Beberapa produsen termasuk pers Flexo dalam proses kemasan mereka, daripada mengirim barang keluar untuk dicetak.

Test Tinta Flexo

Cetak flexographic adalah proses yang digunakan untuk mencetak bahan kemasan khusus seperti tas kertas dan karton susu. Materi yang dimasukkan ke pers melalui roll dan ditarik melalui serangkaian stasiun. Masing-masing stasiun mengelola satu warna pada bahan sampai warna yang diinginkan tercapai. Jika Anda ingin mencapai pewarnaan yang tepat Anda akan ingin menggunakan tinta yang tepat.